Wednesday, October 3, 2007

Keppres Pelantikan Gubernur Lampung Tidak Akan Turun


22 April 2003

TEMPO Interaktif, Jakarta:Keputusan Presiden (Keppres) tentang pelantikan gubernur terpilih Lampung diperkirakan tidak akan turun. Alasannya, saat ini Gubernur terpilih Lampung, Alzier Binais Tabrani masih dalam dalam status tersangka dan menjadi tahanan polisi. Hal tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno, kepada wartawan usai acara peringatan ulang tahun ke 41 Pertahanan Sipil di Monas, Jakarta. “Seandainya jadi presiden, Anda akan turunkan nggak Keppres itu?,” tanya Hari kepada wartawan lebih dari tiga kali dengan nada tinggi.
Saat salah seorang wartawan mengatakan bahwa Kepres itu tidak akan turun, Mendagri langsung menegaskan, “Ya itu jawabannya.”

Sedangkan pemerintahan di provinsi Lampung, kata Sabarno, sepenuhnya di bawah pengawasannya.
Sebab, melalui keputusan presiden, persiden menugaskan Mendagri untuk melaksanakan pembinaan dan penyelenggaraan pemerintahan provinsi Lampung. Termasuk di dalamnya, pelaksanaan tugas sehari-hari dengan mengangkat Pelaksana Tugas Harian hingga dilantiknya gubernur definitif.

Ketika ditanya soal DPRD setempat yang tetap akan melantik gubernur terpilih tersebut, hal itu menjadi urusan DPRD setempat. Yang pasti, katanya, "Gubernur terpilih saat ini dalam proses hukum."

(Ecep S Yasa-Tempo News Room )

No comments: