Wednesday, October 3, 2007

Lampung Punya Gubernur Definitif Sebelum Pemilu

01 November 2003

TEMPO Interaktif, Bandar Lampung: Sebelum pemilu 2004, Lampung diperkirakan akan mempunyai gubernur definitif. Karena itu, Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno akan mengadakan pertemuan dengan DPRD Lampung. "Beberapa waktu lalu DPRD Lampung sudah bolak-balik ingin bertemu presiden melaporkan hasil pemilihan gubernur. Sekarang saya ditugaskan oleh Presiden untuk bertemu mereka," kata Mendagri usai meresmikan rumah potong hewan di Bandar Lampung, Sabtu (1/11).

Untuk pertemuan tersebut, sambung Hari, perlu dicari waktu yang tepat untuk membahas tindak lanjut gubernur yang sudah terpilih, yang kini sudah menjalani proses persidangan. "Kita akan membahas bagaimana baiknya permasalahan gubernur di propinsi Lampung," katanya.

Ketika ditanya, apakah itu berarti melantik gubernur yang sudah terpilih atau hasil melakukan pemilihan gubernur ulang? Mendagri hanya mengatakan, "Pokoknya gubernur yang sudah mengantongi surat pengangkatan dari presiden. Realisasinya tunggu saja nanti."

Ketua DPRD Lampung, Abbas Hadisunyoto, saat dihubungi terpisah mengatakan, DPRD tetap konsisten dengan pemilihan gubernur lalu, yang dimenangkan oleh pasangan Alzier Dianis Thabranie-Anshory Yunus. "Lampung memang harus segera punya gubernur defenitif. Pemilihan lalu sudah sangat demokratis dan sesuai dengan ketentuan. Jadi kami minta presiden segera mengesahkannya," kata dia. Alzier tak kunjung dilantik karena sedang terbelit masalah pidana.

(Fadilasari - Tempo News Room)

No comments: