Monday, October 1, 2007

Uji Publik Gubernur Lampung Beri Dukungan Bagi Alzier


04 Januari 2003

TEMPO Interaktif, Bandarlampung:Uji publik terhadap terpilihnya Alzier Dianis Thabranie sebagai Gubernur Lampung dipenuhi surat dukungan. Dari 8 surat yang masuk ke DPRD, 6 diantaranya mendukung Alzier dan Ansory Yunus (sebagai Wakil Gubernur), sedangkan sisanya berupa permintaan klarifikasi surat Sekjen Departemen Dalam Negeri dan satu laporan masyarakat tentang dugaan permainan uang dalam pemilihan Gubernur yang dilakukan 29 Desember 2002.

“Laporan itu tidak dapat kita bahas dalam uji publik sebab tidak memenuhi ketentuan yaitu disertai adanya minimal dua atau lebih pengakuan anggota DPRD di atas kertas segel atau bermaterai,” kata Abbas Hadisunyoto, Ketua DPRD Lampung, Sabtu (4/1), usai memimpin sidang membahas uji publik.

Riza Effendi dari Jaringan Pemantau Suksesi Kepala Daerah memang melaporkan terjadinya permainan uang. Dalam surat di atas kertas bermaterai Rp 6000 itu, dia mengungkapkan sesaat menjelang pemilihan Gubernur dia memergoki tim sukses Alzier tengah bernegoisasi dengan seorang anggota Fraksi PDIP. “Berapa pun suara Bapak akan kami beli,” ujar anggota tim sukses seperti didengar Riza.

Sedangkan surat dukungan terhadap Alzier dikirim oleh LSM Forum Lampung Ruwa Jurai Jakarta, Pusat Badan Koordinasi Masyarakat Lampung, Partai Kebangkitan Bangsa Lampung, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama Bandarlampung dan Ikatan Putera Nahdatul Ulama. Sementara Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lampung meminta klarifikasi tentang faksimili Sekjen Departemen Dalam Negeri yang meminta pemilihan ditunda.

(Fadilasari—Tempo News Room)

No comments: